Rabu, 09 Maret 2016

cerita rakyat buton- LA kapoluka n la ndoke-ndoke



La kapoluka n la ndoke-ndoke
Pada suatu hari, di tengah hutan ada dua orang sahabat yang bernama la kapoluka n la ndoke-ndoke. Mereka sangat akrab,dalam keseharian mereka salalu bersama. Suatu ketika, saat mereka pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar, la kapoluka menemukan pohon pisang yg masih sangat muda. Dengan perasaan iri, muncullah inisiatif la ndoke-ndoke tuk mengambil pohon tersebut dengan cara mengakali la kapoluka.
“ la kapoluka, bisakah kita membagi pohon pohon pisang itu???tanya la ndoke2”iya bisa tp bagaimana caranya ? tanya la kapoluka.
Mendengar pertanyaan la kapoluka, akhirnya la ndoke menebang pohon pisang tersebut. “ la kapoluka kau ambil bagian akarnya sedangkan saya mengambil bagian daunnya.” Saran la ndoke, dalam hatinya bahwa pohon pisang miliknya akan cepat tumbuh dibanding dengan la kapoluka.
Tiap hari mereka pergi memeriksa pohon yg mereka tanam.apakah sudah tumbuh atau belum. Namun suatu hari, saat mereka memeriksa lagi. Ternyata pohon pisang la ndoke telah mati,daunnyapun telah layu sedangkan la kapoluka tumbuh subuh dan memiliki buah yang berlimpah.
La ndokepun semakin iri pada la kapoluka. Hari berikutnya, la kapoluka ingin memanen buah pisang miliknya namun ia tak mampu tuk memanjat. “la kapoluka, bisakah saya membantumu tuk mengambil mengambilkan buah pisang itu”tanya la ndoke-ndoke. “iya,tapi kau bisa memanjat” tanya la kapoluka.
La ndoke-ndokepun segera memanjat dengan sangat lincah.ketika berasa diatas pohon, la ndoke-ndoke memakan buah pisang milik la kapoluka sementara la kapoluka berteriak kepadanya untuk membuah buah tersebut, tp la kapoluka tidak menghiraukan permintaan temannya malah ia membuang  kulit pisang kearah la kapoluka.
Rasa jengkel la kapoluka terhadap la ndoke-ndoke, iapun membuat tumpukan kayu dibawah la ndoke-ndoke. “ la ndoke-ndoke kalo kau mau turun, tolong lompat aja di bagian sini”. Kata la kapoluka geram. “iya tenang aja” jawab santai la ndoke-ndoke.
Beberapa menit kemudian, la ndoke-ndokepun melompat. Dan pada akhirnya, pantat landoke-ndoke tertusuk pada kayu yg telah di buat oleh la kapoluka. #tamat

3 komentar: