Senin, 18 April 2016

selamat datang di desa lalibo



Desa lalibo
Penduduk asli Buton adalah suku buton. Suku buton adalah salah satu suku di Sulawesi Tenggara disamping suku Moronene, Tolaki, Mekongga, dan Muna. Suku Buton sendiri menyebar pada beberapa tempat yakni, pulau Muna, dan pulau wakatobi dan terdiri dari puluhan sub antropologis. Suku Buton yang menghuni buton umumnya dikenal dengan sebutan Oran Buton, bahasa yang digunakan disebut bahasa Wolio.
Desa Lalibo yang berada di Kabupaten Buton Tengah kecamatan Mawasangka Tengah adalah suku Buton.  Penduduk Desa Lalibo bekerja sebagai petani, buruh tani, pegawai negeri sipil, peternak, nelayan, pengusaha kecil dan menengah, dukun kampung terlatih, tukang kayu/bata, tukang kayu dan tenunan. Budaya tanaman ubi kayu (singkong) dan jagung merupakan kegiatan yang umum di geluti untuk bahan pangan keluarga sehari-harinya.
Masa panen tanaman ubi kayu dan jagung berkisar 1 tahun 1 kali dari waktu tanam dan ditanam pada tanah yang berada di sela-sela bebatuan. Kegiatan ekonomi lainnya adalah menenun. Kegiatan ini sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga di desa lalibo untuk menyambung hidup dan biaya sekolah bagi anak-anak mereka. Hasil tenunan yang mampu mereka peroleh dalam seminggunya itu sebanyak 1 buah sarung yang dimana diperdagangkan oleh pengumpul. Kegiatan ini hampir dilakukan oleh semua kalangan wanita, baik anak remaja hingga lansia.
1.      Pendidikan
Pada tahun 1999, Sarana pendidikan yang ada di desa lalibo masih terkendala oleh terbatasnya sarana yang tersedia, seperti bangunan kelas, mobiler dan juga listrik sebagai penunjang dalam aktifitas belajar mengajar, juga ketersediaan tenaga pendidik menjadi permasalahan. Selain itu gedung pendidikan yang baru dibangun di desa . namun memasuki tahun 2000-an,alhamdullilah, desa lalibo telah mendapat banyak infrastruktur yg dapat menunjang siswa tuk giat belajar.
2.      Kesehatan
Sektor kesehatan di desa lalibo hanya memiliki 1 gedung posyandu.
3.      Pertanian
Sektor pertanian adalah mata pencaharian terbanyak di desa lalibo. Areal pertanian hampir seluruhnya menanam tanaman baik itu jagung maupun ubi kayu pada sela-sela bebatuan.
4. Peternakan
Sector pertanian pada masyarakat desa lalibo lebih dominan pada peternakan sapi karena selain menguntungkan dan perawatan/penjagaan sapi tidaklah sulit. Sedangkan peternak ayam lebih rentang terkena penyakit sehingga masyarkat banyak yang mengeluh akibat masalah tersebut.

Sejarah Pemerintahan Desa
Desa lalibo merupakan desa baru yang memekarkan diri dari desa lanto pada tahun 1999. Pemerintahan desa ini dibawah pimpinan La anasi sebagai Kepala Desa yang dimana memiliki beberpa perangkat pengurus desa seperti BPD, KADUS, dan lain2.  Setelah masa jabatan la anasi maka yang melanjutkan tuk memimpin desa adalah La patola.kemudian kaimudin kambea,spd and terakhir dipimpin oleh awaludin ,SH.
Rencana pada bulan 10 okt 2016 akan diadakan pemilihan kepada desa lagi siapakah yang akan terpilih? kita tungga aja…/…..

Tempat wisata yang dimiliki desa lalibo
1.      Gua maobu
2.      Gua wakahohondo
3.      Gua wamoilou
4.      Teluk maobu
5.      Laut matea
6.      Laut kasaka
7.      Gua lalopando
8.      Gua kassano
9.      Gua liakantai
10.  Gua mansolono







Terima kasih telah membacanya…semoga bermanfaat…..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar