Selasa, 19 April 2016

kata-kata dalam bahasa buton memiliki kesamaan dengan bahasa inggris



Negera Indonesia adalah Negara yang kaya. Kekayaan tersebut dapat dilihat dari beragam bahasa yang dimiliki oleh negera Indonesia misalnya bahasa buton di daerah Buton tengah, selawesi tenggara. karena di wilayah tersebut kebanyakan masyarakat menggunakan bahasa buton dalam berkomunikasi. Untuk mengetahui lebih rinci tentang bahasa buton, maka penulis akan terlebih dahulu menjelaskan tentang pengertian bahasa itu sendiri.
Bahasa adalah salah satu ciri khas manusiawi yang membedakannya dari makhluk-makhluk yang lain. Selain itu, bahasa mempunyai fungsi sosial, baik sebagai alat komunikasi maupun sebagai suatu cara mengidentifikasikan kelompok sosial. Pandangan de Saussure (1916) yang menyebutkan bahwa bahasa adalah salah satu lembaga kemasyarakatan, yang sama dengan lembaga kemasyarakatan lain, seperti perkawinan, pewarisan harta peninggalan, dan sebagainya telah memberi isyarat akan pentingnya perhatian terhadap dimensi sosial bahasa. Kebahasaan merupakan sarana dalam berkomunikasi atau berinteraksi satu individu dengan individu  lainnya atau suatu kelompok dengan kelompok lainnya, untuk menyampaikan atau menerima suatu informasi.
Bahasa buton adalah suatu bahasa yang di gunakan masyarakat buton khususnya di kabupaten buton tengah. bahasa ini unik karena mempunyai kata-kata yang sama/ hampir sama dengan bahasa inggris. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh budaya eropa masuk di wilayah buton pada masa colonial belanda. sehingga dapat kita jumpai kata-kata yang sama dengan bahasa inggris khususnya dalam segi pengucapan(pronounciation) penulisan dan lain-lain.



Misalnya kata-kata bahasa buton tengah yang sama dengan bahasa inggris dalam segi pengucapan dan penulisan, diantaranya sebagai berikut:
Kata bahasa buton
arti
Pengucapan bahasa inggris
arti
ai
kelapa
I( ai)
saya
Wi wi
bibir
We ( wi)
Kami,kita
kampasi
karpet
Campasses(jamak)
Jangka-jangka
kandela
nama buah di buton
Candle( Kandel)
lilin
use
hujan
Use(penulisan)
gunakan
hato
datang
Hate (hampir mirip)
benci
moane
Laki-laki
Moaned(penulisan)
merintih
kalambe
perempuan
Clamber (pengucapan)
Mendaki dg semangat
wite
tanah
White(penulisan)
putih
tende
lari
Tended(penulisan)
dijaga
galasi
gelas
Glasses (mirip)
kacamata
Dole
Baring-baring
Dole-full (penulisan)
muram
Lentu
hitung
Lent (penulisan)
pinjam
oleo
matahari
oleo
margarin
key
teriak
key
kunci
siu
ujung
See you
Sampai jumpa
may
sini
may
boleh

Demikianlah kata-kata dalam bahasa buton yg memiliki kemiripan dengan bahasa inggris.
Semoga bermanfaat ya…..sebenarnya masih banyak lagi.tp untuk sekarang, cukup ini saja oke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar